SUCI PUSPITA SARI

Kamis, 16 Juni 2016

Daerah Asal "LOVE JAMBI"



Aku lahir diprovinsi jambi sumatera. Kota jambi adalah nama kota sekaligus nama ibu kota dari provinsi jambi yang terdiri dari 10 kabupaten. Jika para sahabat berkunjung ke provinsi jambi maka akan banyak slogan-slogan menyambut berisi kata SEPUCUK JAMBI SEMBILAN LURAH yang melambangkan kebesaran dari sepucuk jambi  Sembilan lurah dari sialang lantak besi sampai durian batakuk rajo dan tanjung jabung yang diartikan sebagai kesatuan dan persatuan dari daerah-daerah yang ada di provinsi jambi.

Jambi memiliki suku asli yang disebut sebagai suku pedalaman atau sering disebut orang kubu. Suku pedalaman tinggal dan hidup di hutan pedalaman provinsi jambi dan terbiasa hidup berdampingan dengan alam bebas. Dalam aktivitas sehari-hari meraka menggunakan pakaian yang biasa kita sebut sebagai koteka. Tapi sejak beberapa tahun silam provinsi jambi sudah di jadikan sebagai tempat bagi penduduk yang melakukan transmigrasi sehingga lama-kelamaan terjadi akulturasi atau percampuran budaya.
Saat ini, provinsi jambi tidak hanya dihuni oleh suku pedalaman tetapi banyak suku melayu, batak dan jawa yang sudah lama berdomisili di provinsi jambi. Kata “jambi” berasal dari kata “jambe” atau pinang. Karena zaman dahulu provinsi jambi dipimpin oleh seorang putri yang bernama putri pinang masak yang berparas cantik berwajah putih kemerahan mirip seperti buah pinang yang telah masak atau matang. Kota Jambi memiliki rumah adat yang disebut dengan rumah panjang.

Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari menggunakan bahasa melayu jambi yang memilki kemiripan dengan bahasa Palembang Sumatera Selatan dimana ketika berbicara pelafalan huruf “a” menjadi “o” seperti contoh apa menjadi apo, iya menjadi iyo, kemana menjadi kemano dan seterusnya.
Saat ini yang menjadi ikon baru di kota jambi adalah menara gentala arasy yang memiliki tinggi sekitar 85 meter dan memiliki diameter 3,5 meter yang menjadi puncak dari menara gentala arasy. Selain digunakan sebagai ikon kota jambi, menara ini juga dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga karena letak menara ini berada di pinggir sungai batang hari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Pasar yang terkenal di kota jambi adalah pasar angso duo yang merupakan pasar induk di kota jambi.

Menara Gentala Arasy


Candi Muara Takus


Macam-macam kesenian Jambi

Tempoyak

Tidak hanya ini, provinsi jambi memilki banyak tempat wisata yaitu taman mini jambi, taman rimbo, kampung rajo, sanggar batik jambi, bahkan kota jambi memiliki candi yang bernama candi muara takus yang berbatasan langsung dengan daerah Kampar yaitu kota pekanbaru dan masih banyak lagi keindahan dari provinsi jambi. Jika para sahabat berkunjung ke kota jambi jangan lupa singgah mencoba dan membawa oleh-oleh makanan khas provinsi jambi yaitu tempoyak (durian fermentasi ), dodol nanas, gulai tepek ikan, kue srikaya,  gandus, daging masak itam dan yang tidak kalah segar yaitu jus jambe atau jus pinang. Demikianlah edisi eksplor kota kelahiranku kota jambi. 

 Sumber 



1 komentar:

  1. PROMO CASHBACK BANK ONLINE INDOKARTU

    Untuk anda yang Menginkan Deposit dengan tambahan bonus yang besar dengan bank tertentu bisa hubungi kami di Indokartu.
    karna kami menyediakan beberapa bonus yang tidak bisa anda lewatkan. Seperti :
    - PROMO CASHBACK BANK ONLINE
    - BONUS MINGGUAN 0.5% DARI INDOKARTU
    - BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU
    Join bersama kami dan menangkan semua bonusnya di :
    WA : 081333366766
    atau langsung di Livechat kami INDOKARTU.BIZ

    BERMAIN JUDI POKER ONLINE

    BalasHapus